Guardiola Stress City Kalah

Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengeluarkan reaksi aneh saat mengadakan konferensi pers yang membahas tentang kekalahan The Citizens atas Everton yang berakhir dengan skor 4-0 dalam laga yang digelar di markas The Toffees, Stadion Goodison Park.

Reaksi ‘Aneh’ Pep Guardiola

Pep Guardiola usai kekalahan 4-0 kontra Everton
Pep Guardiola usai kekalahan 4-0 kontra Everton

Kekecewaan tak bisa disembunyikan oleh manajer Manchester City, Pep Guardiola. Juru taktik The Citizens tersebut terlihat sangat terpukul usai tim asuhannya menelan kekalahan atas tuan rumah Everton empat gol tanpa balas. Usai pertandingan tersebut, konferensi pers dari kubu Manchester Biru pun digelar. Dalam konferensi pers tersebut, Pep pun mengungkapkan rasa kecewa nya.

Namun, ada yang aneh dari pembicaraan manajer yang juga pernah menangani Barcelona dan Bayern Munchen tersebut. Pep Guardiola mengungkapkan kekecewaannya secara tidak biasa. Pria berkebangsaan Spanyol tersebut justru sama sekali tidak melontarkan kritik kepada para pemain.

Guardiola tidak sedikitpun memberikan penilaiannya atas performa para pemain yang sepanjang laga sangat jelas terlihat melakukan kesalahan beberapa kali. Memang secara statistik terlihat bahwa Aguro dkk berhasil menguasai 70% penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Namun dilihat dari peluang yang tercipta, The Citizens hanya mampu menncetak lima peluang emas dari 13 kali percobaan ke gawang Everton. Sangat ironis jika dibandingkan dengan tuan rumah yang berhasil mencetak 4 gol dari total 6 tembakannya ke gawang Manchester City yang dijaga Claudio Bravo.

Melihat respon Pep yang ‘tidak biasa’ ini, para pengamat sepakbola pun berkeyakinan jika sang manajer sedang menerapkan permainan Psikologis kepada para punggawa Manchester City. Para pengamat menilai ini merupakan salah satu cara untuk membuat para pemain sadar dengan sendirinya dan kembali membangun mental bermain mereka agar bisa kembali meraih hasil positif di kemudian hari.

Pep Ajak Pemain Nonton Bareng

Pep tertangkap kamera berada di bioskop dekat tempat latihan City
Pep tertangkap kamera berada di bioskop dekat tempat latihan City

Terlepas dari respon ekstrim yang diberikan Pep Guardiola terhadap para pemain, pada Rabu kemarin Pep mengajak seluruh skuad Manchester City untuk rehat sejenak dari beratnya kompetisi Liga Primer Inggris. Dilansir dari media setempat, beredar foto Guardiola bersama para punggawa The Citizens di ODEON Manchester Printworks.

Dalam momen kebersamaan Pep dengan para pemain yang dilakukan usai City menjalani sesi latihan rutin mereka pada Rabu sore tersebut, terlihat Pep sedang menunggu giliran untuk menonton film La La Land yang sedang happening akhir-akhir ini. Sepertinya, dekatnya jarak bioskop dengan tempat latihan Manchester City adalah alasan mengapa Pep memilih kegiatan ‘nonton bareng’ini untuk menghabiskan waktu dengan para pemain.

Bersama sang pelatih, terlihat beberapa nama seperti Vincent Kompany, Fernando, Pablo Zabaleta, Jesus Navas, Fabian Delph, Raheem Sterling, Aleix Garcia, dan John Stones. Memang tidak semua pemain bergabung pada sore itu, karena beberapa punggawa City yang lain memilih untuk langsung pulang ke rumah masing-masing usai berlatih.

Sumber berita menduga jika Guardiola kemungkinan besar mentraktir para pemain asuhannya tersebut menonton film La La Land yang disutradarai oleh Damien Chazelle tersebut. Mengingat pada hari itu ternyata jatuh ulang tahun Guardiola yang ke-46. Dan kebersamaan yang dilakukan Pep dengan para pemain Manchester City merupakan istirahat sejenak dari padatnya Premier League musim ini.

Dengan menghabiskan waktu bersama seperti itu, Pep yakin jika hal tersebut akan membantu meningkatkan mental tim jelang laga matchday 22 pada akhir pekan nanti menghadapi Tottenham Hotspur. Kubu Manchester Biru pun berharap bisa meraih hasil sempurna dalam laga yang digelar di Etihad Stadium tersebut untuk bisa mengikis selisih 10 poin dari pemuncak klasemen saat ini, Chelsea.

Inikah cara Pep memperlakukan para pemainnya?